Share

Puasa Arafah Menghapus Dosa Setahun Sebelum dan Sesudahnya, Ini Dalil Sahihnya

Tim Okezone, Jurnalis · Jum'at 08 Juli 2022 17:08 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 08 330 2626063 puasa-arafah-menghapus-dosa-setahun-sebelum-dan-sesudahnya-ini-dalil-sahihnya-F9eXgEDivy.jpg Ilustrasi puasa Arafah. (Foto: Shutterstock)
A A A

MENJELANG hari raya Idul Adha 1443 Hijriah/2022 Masehi, kaum Muslimin di dunia melaksanakan puasa Arafah pada tanggal 9 Dzulhijjah. Tersimpan keutamaan dari amalan sunah ini, yaitu bisa menghapus dosa setahun sebelum dan sesudahnya.

Dikutip dari Muhammadiyah.or.id, Dzulhijjah diketahui sebagai salah satu bulan “al-asyhur al-hurum” (bulan-bulan mulia), selain Dzulqa'dah, Muharram, dan Rajab.

Baca juga: Simak! Ini Niat Puasa Arafah 2022 Beserta Keistimewaannya yang Sangat Besar 

Info grafis keutamaan puasa Tarwiyah dan Arafah. (Foto: Okezone)

Pada bulan-bulan ini Allah Subhanahu wa ta'ala menjanjikan pahala berlipat dari setiap amal salih yang dikerjakan hamba-hamba-Nya. Sebaliknya, Allah Ta'ala memberikan ancaman berlipat pula atas setiap dosa yang diperbuat umat manusia.

Maka itu, mari manfaatkan keutamaan bulan Dzulhijjah dengan puasa Arafah. Ini adalah amalan yang disiapkan Allah Subhanahu wa ta'ala. Allah paham bahwa umat manusia tidak pernah steril dari perbuatan dosa.

Baca juga: Ini Doa Terbaik yang Dibaca Rasulullah ketika Hari Arafah, Yuk Diamalkan! 

Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam punya harapan yang sangat mulia dengan puasa di hari Arafah, maka mampu menjadi penghapus dosa-dosa yang dilakukan setahun sebelumnya dan setahun sesudahnya. Adapun dalil sahihnya adalah:

"Dari Abi Qatadah al-Anshari, bahwasanya Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam ditanya tentang puasa Arafah, lalu ia bersabda: Puasa Arafah itu dapat menghapuskan dosa (selama dua tahun), yakni satu tahun yang lalu dan satu tahun yang akan datang. Adapun puasa ‘Asyura (10 Muharram) dapat menghapuskan dosa selama setahun yang telah lalu." (HR Muslim)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Dengan mengerjakan puasa Arafah, dosa-dosa kecil akan dihapus. Sementara dosa-dosa besar seperti syirik harus melalui prosesi khusus terlebih dahulu melalui rangkaian pertobatan. Tobat akan diterima bila terdapat penyesalan, komitmen, meminta ampun, dan menambal keburukan dengan amal salih.

Ketika melaksanakan puasa Arafah dengan penuh keimanan, ketulusan, dan mengharap rido Allah, maka ini bisa menjadi penghapus dosa yang dilakukan setahun sebelum dan sesudahnya. Di masa pandemi atau bukan, kaum Muslimin bisa melaksanakan puasa Arafah, terkecuali yang sakit.

Allahu a'lam bisshawab.

Baca juga: 5 Amalan Menjelang Hari Raya Idul Adha, Pahalanya Sangat Besar! 

Baca juga: Cerita Haru Penyanyi Cantik Ukraina Dapat Hidayah Islam: Bermula Sakit Parah hingga Kehilangan Orang Tercinta

Info grafis amalan-amalan sunah di hari Arafah. (Foto: Okezone)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini