Share

Pertama Kalinya Kiswah Kakbah Diganti pada 1 Muharram 1444H

Hantoro, Jurnalis · Kamis 28 Juli 2022 12:18 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 28 614 2637689 pertama-kalinya-kiswah-kakbah-diganti-pada-1-muharram-1444h-YRVwIZsAY0.png Lokasi pembuatan kain kiswah Kakbah. (Foto: Kemenag.go.id)
A A A

PERTAMA kalinya kain kiswah Kakbah di Masjidil Haram, Kota Makkah, Arab Saudi, akan diganti pada tanggal 1 Muharram 1444 Hijriah. Ini tidak seperti biasanya karena kiswah atau kain penutup Kakbah rutin diganti sekali dalam setahun setiap 9 Dzulhijjah atau ketika jamaah haji menjalani puncak ibadah wukuf di Padang Arafah.

"Tahun ini, penggantian kiswah dilakukan 1 Muharram 1444H," ungkap Asisten Wakil Sekretaris Majma' Malik Abdul Aziz li Kiswatil Ka'bah Al-Musyarrafah Ir Faris Al Mathrafi di Makkah, Rabu 27 Juli 2022.

Baca juga: 4 Tipe-Tipe Orang Wara' Menurut Imam Al Ghazali, Meninggalkan Segala yang Syubhat  

Info grafis keutamaan membaca Surat Al Kahfi. (Foto: Okezone)

Baca juga: Cerita Mualaf Cantik Kornelina, Dapat Hidayah Islam Usai Baca Surat Al Fatihah 

"Ini kali pertama penggantian dilakukan 1 Muharram, atas perintah Raja Salman. Selanjutnya penggantian akan terus dilakukan pada 1 Muharram," jelasnya, dikutip dari Kemenag.go.id.

Sementara untuk pencucian Kabah, lanjut Faris, bakal dilakukan pada tanggal 15 Muharram sebagaimana biasanya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Ia menerangkan, sebagai tempat pembuatan Kiswah Kakbah, Majma' Malik Abdul Aziz li Kiswatil Ka'bah Al-Musyarrafah adalah salah satu pusat peradaban di Makkah. Di dalamnya tergabung sebanyak 220 teknisi, seniman Arab Saudi yang ikut bekerja dalam membuat kiswah.

Baca juga: 5 Keajaiban Birrul Walidain Berbakti kepada Orangtua, Umur Berkah hingga Kemudahan Rezeki 

Baca juga: Bacaan Dzikir Pagi Hari Ini: Memudahkan Meraih Ilmu Bermanfaat dan Rezeki Melimpah 

"Di sini adalah produksi dengan bahan yang paling mahal di dunia. Setiap tahun biayanya sekira 25 juta riyal Saudi. Bahan itu terdiri dari 760 kilogram sutra Italia serta 120 kg emas dan 100 kg perak dari Jerman," ungkapnya.

Dirjen Kehumasan dan Media Majma' Malik Abdul Aziz Ahmad Suheiry menjelaskan bahwa kain kiswah Kakbah pernah dibuat di Mesir dan India, sebelum akhirnya diproduksi di Makkah Al-Mukarramah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini