Share

5 Fakta di Balik Pagar Pembatas Kakbah Dilepas, Jamaah Bisa Cium Kakbah dan Hajar Aswad Lagi

Hantoro, Jurnalis · Kamis 04 Agustus 2022 12:24 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 04 614 2641859 5-fakta-di-balik-pagar-pembatas-kakbah-dilepas-jamaah-bisa-cium-kakbah-dan-hajar-aswad-lagi-17ucqirtiK.jpg Pagar pembatas Kakbah dilepas setelah dua tahun dipasang dampak pandemi covid-19. (Foto: Istimewa/Arabnews)
A A A

KERAJAAN Arab Saudi melalui Kepresidenan Umum Dua Masjid Suci memutuskan pagar pembatas Kakbah dilepas. Ini setelah dua tahun dipasang dampak pandemi covid-19.

Ternyata ada fakta-fakta menarik di balik dilepasnya pagar pembatas Kakbah ini. Apa saja? Berikut beberapa di antaranya, sebagaimana telah Okezone himpun.

Baca juga: Pagar Pembatas Kakbah Dilepas Setelah 2 Tahun Dipasang Dampak Pandemi 

Info grafis keutamaan membaca Surat Al Kahfi. (Foto: Okezone)

1. Memungkinkan jamaah kembali menyentuh Kakbah

Dengan dilepasnya pagar pembatas Kakbah ini jadi memungkinkan jamaah bisa kembali menyentuh bangunan suci Kakbah. Mereka juga bersukacita bisa mencium Hajar Aswad lagi. Namun tetap para askar berjaga di area sekitar Kakbah untuk mengatur para jamaah.

2. Pagar dilepas mulai Selasa lalu

Dikutip dari Arabnews, Syekh Dr Abdulrahman As-Sudais yang memimpin Kepresidenan Umum untuk Urusan Dua Masjid Suci mengumumkan keputusan pagar pembatas Kakbah dilepas tersebut pada hari Selasa lalu. Pagar pembatas dipasang untuk memastikan jarak sosial antar-jamaah.

Baca juga: Pagar Pembatas Kakbah Dibuka, Akhirnya Jamaah Bisa Kembali Mencium Hajar Aswad 

3. Ditutup sejak Maret 2020

Area di sekitar Kakbah, tempat jamaah tawaf atau mengelilingi tujuh kali, ditutup pada Maret 2020 atau sejak dua tahun lalu. Ini bertujuan sebagai sterilisasi untuk tindakan pencegahan menekan persebaran virus corona.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

4. Dalam rangka menyambut jamaah umrah

Syekh Sudais mengatakan keputusan ini menunjukkan perhatian yang diambil oleh Kerajaan Arab Saudi terhadap pengunjung Masjidil Haram dan untuk memfasilitasi ibadah mereka dalam suasana yang aman dan khusyuk. Apalagi akan banyak pengunjung ke Masjidil Haram menjelang awal musim umrah ini.

Baca juga: Dulu Benci Islam, Bule Cantik Amerika Ini Mantap Jadi Mualaf Usai Baca Isi Kandungan Alquran 

Baca juga: Hukum Tajwid Surat Ali Imran Ayat 190-191 Lengkap Cara Membacanya 

5. Persiapan jelang umrah

Syekh Sudais mengatakan kepresidenan bekerja sama dengan semua sektor yang beroperasi di Masjidil Haram untuk menerima jamaah dan menyediakan semua layanan yang diperlukan.

Kepresidenan telah memulai persiapan memberikan layanan sejak dini mungkin. Di antaranya adalah rencana mengurai kerumunan dan menyiapkan Masjidil Haram serta halamannya untuk memfasilitasi jamaah umrah agar mudah dan tenang.

Allahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini