Share

Gempa Terkini Guncang Mentawai, Baca Doa Ini Supaya Dapat Perlindungan Allah Ta'ala

Novie Fauziah, Jurnalis · Senin 29 Agustus 2022 14:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 29 616 2656650 gempa-terkini-guncang-mentawai-baca-doa-ini-supaya-dapat-perlindungan-allah-ta-ala-NpAPbe342b.jpg Ilustrasi bacaan doa ketika terjadi gempa. (Foto: Dok Okezone)
A A A

GEMPA terkini guncang Mentawai, Sumatera Barat. Gempa tersebut memiliki kekuatan magnitudo 6,4 dan terjadi sekira pukul 10.29 WIB, Senin 29 Agustus 2022M.

Hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menunjukkan episenter gempa bumi terletak pada koordinat 0,99 derajat Lintang Selatan dan 98,53 derajat Bujur Timur, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 12 kilometer arah barat laut Siberut Barat, Kepulauan Mentawai, pada kedalaman 24 km.

Baca juga: Gempa M6,4 Guncang Mentawai, BMKG: Belum Ada Aktivitas Gempa Susulan 


Baca juga: Viral Pedagang Asongan Menang Challenge Sambung Ayat Alquran, Suaranya Bikin Takjub 

Terkait musibah gempa bumi ini, ada doa yang bisa dibaca agar selalu mendapat perlindungan Allah Subhanahu wa ta'ala.

اللَّهُمَّ إِنِّيْ أعُوذُ بِكَ مِنَ الهَدْمِ وأعُوذُ بِكَ مِنَ التَّرَدِّي وأعُوذُ بِكَ مِنَ الغَرَقِ وَالحَرَقِ وَالهَرَمِ وَأعُوذُ بِكَ أن يَتَخَبَّطَنِي الشَّيْطانُ عِنْدَ المَوْتِ وأعُوذُ بِكَ أنْ أمُوتَ فِي سَبِيلِكَ مُدْبِراً وأعُوذُ بِكَ أن أمُوتَ لَديغاً

Allahumma inni a'udzubika minal hadmi wa a'udzubika minat taraddi wa a'udzubika minal gharaqi wal haraqi wal harami wa a'udzubika an yatakhabbathanisy syaithanu 'indal maut wa 'audzubika an amuta fi sabilika mudbiran wa a'udzubika an amuta ladighan.

Artinya: "Ya Allah, sungguh aku berlindung kepada-Mu dari reruntuhan (longsor), dan aku berlindung pada-Mu dari tergelincir, dan aku berlindung pada-Mu dari tenggelam (banjir), terbakar, dan tak berdaya. Dan aku berlindung pada-Mu apabila syetan menjerumuskan padaku ketika akan mati, dan aku berlindung pada-Mu apabila mati dalam keadaan berbalik arah dari jalan-Mu (murtad), dan aku berlindung pada-Mu apabila mati karena disengat." (HR Abu Dawud)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Wakil Ketua Majelis Dakwah dan Pendidikan Islam (Madani) Ustadz Ainul Yaqin mengatakan semua musibah yang terjadi terhadap manusia di muka bumi adalah kehendak Allah Subhanahu wa ta'ala.

"Semua yang ada di muka bumi telah diatur oleh Allah Subhanahu wa ta'ala, yaitu atas perintah-Nya (mengucapkan) Kun Fayakun," ungkapnya ketika dihubungi Okezone beberapa waktu lalu.

Baca juga: Cerita Takhbib Nenek Ahli Ibadah Rusak Rumah Tangga Orang Lain, Naudzubillah Min Dzalik! 

Baca juga: Kisah Tobat Penjahat yang Merampok Syekh Abdul Qadir al-Jailani 

Ustadz Ainul Yaqin menerangkan, musibah yang terjadi bisa melalui apa saja. Misalnya kecelakaan lalu lintas; bencana alam seperti gempa bumi, banjir, tsunami; kebakaran; dan lain sebagainya. Semuanya sudah terencana oleh Allah Subhanahu wa ta'ala.

Maka itu, sebaiknya kaum Muslimin selalu meminta perlindungan Allah Subhanahu wa ta'ala. Kemudian mengawali setiap kegiatan dengan membaca doa atau setelah sholat fardhu maupun sunah.

Allahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini