Share

Doyan Ngemil saat Belanja? Ingat Pilih 5 Snack yang Sehat

Pradita Ananda, Okezone · Rabu 31 Januari 2018 13:46 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 31 298 1852611 doyan-ngemil-saat-belanja-ingat-pilih-5-snack-yang-sehat-oVL7ZNO970.jpg Belanja sambil ngemil (Foto:iStockphoto)
A A A

BERBELANJA, entah itu belanja bulanan keperluan rumah dan isi kulkas di dapur, atau berkeliling mall untuk membeli keperluan pribadi memang menyenangkan.

Namun sadar tidak? Ketika sedang berbelanja, banyak orag yang suka melakukan kegiatan belanja ini sambil mengemil makanan? Makan sambil belanja memang menjadi sesuatu yang kerap kali dilakukan tanpa sadar, dan sayangnya biasanya camilan yang dimakan adalah makanan tidak sehat. Mulai dari keripik kentang, kentang goreng, cookies, dan masih banyak lainnya yang mudah dimakan, murah, dan terdapat di mana-mana.

Well, kebiasaan ini jika diteruskan akan berakibat buruk dan mengganggu pola diet sehat yang sedang dijaga bukan? Nah, daripada ngemil camilan yang penuh lemak dan jauh dari kata sehat. Lebih baik ganti segera camilan Anda dengan makanan sehat, apa saja? Melansir Ndtv, Rabu (31/1/2018) berikut 5 pilihan snack sehat yang bisa dimakan saat sembari berbelanja.

BACA JUGA:


Tidak Lagi Bingung Belanja Oleh-Oleh Khas di Medan, Ini Pusatnya

1. Kacang panggang :

Tinggal ambil secangkir kacang kenari, kacang almond, kacang mede dan pistachio lalu panggang kering di panci anti lengket untuk beberapa lama. Dinginkan sesaat lalu baru bungkus kacang-kacang ini dalam kemasan wadah kotak makanan yang tertutup rapat. Voila! Tinggal dimakan saat dalam perjalanan berbelanja.

2. Biji rami panggang atau biji bunga matahari :

Jika tidak terlalu suka dengan kacang, maka biji-bijian seperti biji rami atau biji bunga matahari hingga biji labu. Biji rami, biji bunga matahari, biji labu adalah beberapa camilan sehat yang bisa dipilih. Kenyal, mengenyangkan, alami dan sangat bergizi. Biji-bijian ini disebutkan dapat dikonsumsi sebagai camilan yang dapat memberikan dorongan energi yang diperlukan dan membuat perut kenyang lebih lama, namun pastinya tanpa harus merasa bersalah.

3. Buah panggang atau keripik sayuran :

Sayur-sayuran seperti bit atau chukundar, ubi jalar dapat dengan mudah dipanggang menjadi keripik yang bisa dibawa-bawa sebagai cemilan sehat. Sama halnya dengan buah-buahan seperti apel dan pisang. Namun, waspadalah terhadap keripik pisang kemasan yang tersedia di mana-mana, karena biasanya dikemas dengan garam dalam jumlah berlebihan.

BACA JUGA:

Makanan Khas Tahun Baru Vietnam, Ada yang Mirip Ketupat Lho!

4. Snack rumahan atau protein bar :

Protein bar atau granola yang dibuat di rumah dari gandum, buah kering, buah beri dan kacang merupakan jenis camilan yang sempurna untuk dijadikan snack saat berbelanja. Penuh dengan kandungan energi, tanpa gula, tanpa pengawet sehingga membuat kita tidak menyesal mengonsumsinya.

5. Popcorn tanpa garam :

Siapa bilang popcorn adalah camilan terlarang? Boleh-boleh saja kok mengemil popcorn, asal dengan catatan popcorn tanpa mentega atau garam ya!

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini