Share

Waspadai 8 Gejala Kanker Serviks yang Jarang Disadari

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Rabu 31 Januari 2018 19:18 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi (Foto: Healthgrades)

KANKER serviks kini menjadi salah satu momok yang mengancam nyawa perempuan. Kendati demikian, gejalanya sering tidak disadari di tahap awal.

Hal tersebut karena tidak ada tanda-tanda yang jelas di masa awal seseorang terkena kanker serviks. Menurut Cancer.net, kanker serviks dimulai saat sel sehat di permukaan serviks berubah dan tumbuh menjadi tak terkendali. Kemudian sel tersebut semakin membesar dan menjadi tumor.

Karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui gejala-gejalanya yang mungkin sulit disadari. Dilansir dari Familyshare, Rabu (31/1/2018), berikut beberapa gejala yang harus Anda waspadai:

Pendarahan tak normal saat menstruasi

Ketika terjadi perubahan pada menstruasi, seperti pendarahan yang lebih banyak dari biasanya, diskusikanlah dengan dokter. Bisa saja ini bukan tanda kanker serviks, namun Anda tetap perlu ke dokter untuk menemukan penyebabnya.

 (Baca Juga: Intip Gaya Aryan Khan yang Ketampanannya Tak Kalah dari sang Ayah)

Nyeri pada panggul

Jika Anda merasa nyeri pada bagian pelvis atau panggul, ini bisa jadi gejala kanker serviks. Jika Anda mulai sering merasakan nyeri panggul secara berulang yang tidak hanya terjadi saat menstruasi, cobalah diskusikan pada dokter.

Sakit saat melakukan hubungan seksual

Rasa sakit saat berhubungan seks bisa disebabkan oleh banyak hal. Tetapi jika rasa sakit saat berhubungan seks baru Anda rasakan, itu bisa menjadi pertanda kanker serviks.

Kaki bengkak dan sakit

Anda mungkin akan mengalami nyteri di kaki dan membuatnya bengkak saat mengalami kanker pada stadium lanjut. Jika ini terjadi, segeralah temui dokter.

Patah tulang

Patah tulang juga bisa menjadi tanda dari gejala kanker serviks yang lebih lanjut. Ketika kanker menyebar, penyakit ini akan menyerang tulang, sehingga menyebabkan tulang mudah patah.

 (Baca Juga: Melihat Gerhana Bulan ''Super Blue Blood Moon'', Adakah Efeknya bagi Kesehatan?)

Berat badan menurun drastis

Penurunan berat badan yang tidak bisa dijelaskan alasannya bisa jadi gejala dari kanker serviks. Jika Anda tidak melakukan program diet dan aktivitas seperti biasa tetapi berat badan menurun drastis, cari tahu penyebabnya dengan mengunjungi dokter.

Pendarahan setelah menopause

Salah satu gejala kanker serviks lainnya adalah terjadinya pendarahan setelah menopause. Jika Anda mengalaminya, segera temui dokter.

Memiliki riwayat merokok

Kebiasaan merokok disebut dapat memperbesar risiko terhadap penyakit kanker serviks. Meski merokok dapat menyebabkan berbagai penyakit, tapi tidak ada salahnya memeriksakan diri untuk mengetahui kesehatan organ dalam tubuh Anda.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(tam)