Share

Ingin Jadi Orangtua Melek Teknologi? Ahli Jabarkan Kunci Utamanya

Muhammad Sukardi, Okezone · Senin 12 Februari 2018 20:14 WIB
https: img.okezone.com content 2018 02 12 196 1858430 ingin-jadi-orangtua-melek-teknologi-ahli-jabarkan-kunci-utamanya-wLROT4jN9f.jpg Ilustrasi (Foto: Huffingtonpost)
A A A

DUNIA maya seperti memiliki ruang tersendiri sekarang ini. Di dunia itu, banyak hal positif dan negatif bertebaran dan jarak antara keduanya sudah semakin tipis.

Sebagai orangtua, memiliki anak di zaman modern seperti ini salah satu kekhawatirannya adalah “teracuni” virus negatif yang dihasilkan teknologi. Padahal, di luar itu, banyak sekali manfaat positif yang bisa Anda rasakan, khususnya untuk kehidupan sehari-hari.

Nah, dalam menjalani peran orangtua modern, Anda tidak lagi hanya menyediakan pendidikan yang layak, tempat tinggal yang mumpuni, atau kasih sayang yang tidak terbatas. Tapi, mau tidak mau Anda mesti melek teknologi. Sebab, anak Anda hidup di era seperi itu.

 (Baca Juga: Ingin IQ Anak Anda Tinggi, Lakukan Hal Sederhana Ini)

Tapi, tidak menutup mata juga bahwa masih banyak orangtua yang buta akan teknologi. Sekadar pesan singkat melalui WhatApps saja tidak paham menggunakannya. Padahal, setiap hari teknologi semakin berkembang dan selalu saja ada inovasi terbarukan yang mana sasarannya adalah anak-anak Anda.

Untuk itu, sebagai orangtua, sudah sepatutnya mengenal dengan bijak teknologi dan memberikan pemahaman mengenai internet itu ke anak-anak dengan cara yang baik. Menurut peneliti dari Family Online Safety Institute di Washington, USA, Stephen Balkam, sudah sangat wajar ketika anak-anak membutuhkan internet di usianya yang masih dini. Tapi, yang menjadi perhatian sekarang adalah bagaimana anak-anak itu memanfaatkan dan memilah mana yang baik dan mana yang buruk untuk dirinya.

“Saya sangat yakin bahwa hubungan yang baik antara orangtua dan anak akan menghasilkan pribadi yang baik di antara keduanya. Hal ini juga tentunya memengaruhi bagaimana kedekatan orangtua dalam memberikan pemahaman mengenai internet,” paparnya di acara Diskusi Safer Internet Day yang dilakukan di Hotel Mandarin Oriental, Jakarta Pusat, Senin (12/2/2018).

  (Baca Juga: Pria 65 Tahun Nikahi Gadis 12 Tahun, Alasannya Mengejutkan!)

Stephen melanjutkan, orangtua mesti sadar bahwa apa yang dilakukan anaknya di media sosial adalah tanggung jawabnya. Sampai akhirnya si anak berusia di atas 17 tahun, maka dia sudah memikul tanggung jawabnya sendiri.

“Bisa dikatakan, apapun yang anak Anda posting di media sosial, itu sepenuhnya adalah tanggung jawab Anda, orangtuanya. Sebab, bagaimana pun alasannya, anak di bawah 17 tahun sebetulnya belum berhak memiliki ponsel pintar. Makanya, sangat penting bagi orangtua untuk kenal dan memahami dengan baik dunia internet sekarang ini,” tambahnya.

Terlebih, sambung Stephen, mereka yang merupakan modern parent, sudah sepatutnya Anda sadar dan mau memberikan pemahaman yang baik kepada anak-anak Anda, bukan malah membiarkannya menikmati dengan 'semena-mena' internet yang Anda fasilitasi dengan mudahnya. Sebab, dampak negatif dari internet benar-benar sudah di depan mata sekarang ini.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini