Share

Dianggap Jadi Penyebab Obesitas pada Anak di Amerika, McD Hapus Menu Happy Meal

Pradita Ananda, Okezone · Senin 19 Februari 2018 15:22 WIB
https: img.okezone.com content 2018 02 19 298 1861508 dianggap-jadi-penyebab-obesitas-pada-anak-di-amerika-mcd-hapus-menu-happy-meal-iI1cPLbmYs.jpg Makan burger (Foto: Eatthis)
A A A

TERLEPAS dari masalah aspek kesehatan. Restoran cepat saji seperti salah satunya McDonald's masih jadi tempat makan favorit dari banyak keluarga dengan anak-anak di berbagai penjuru dunia.

Mudah ditemukan di mana-mana, tersedia cukup banyak menu, enak, mengenyangkan, dan praktis mungkin bisa dibilang adalah salah satu dari banyak faktor mengapa anak-anak ataupun keluarga dengan anak-anak kerap kali bersantap di McDonald's.

Namun walau jadi bintang bagi anak-anak, hidangan cepat saji adalah sebuah sajian makanan yang jauh dari kata sehat. Cukup familiar terdengar, banyak pendukung kesehatan yang menghubungkan salah satu menu yang dihadirkan McDonald's, yakni Happy Meal yang terkenal untuk anak-anak dengan obesitas pada anak-anak.

 BACA JUGA:

Hati-Hati dengan Kadar Kolesterol Tinggi, Kenali Penyakit yang Diakibatkannya

Nah kabar teranyar satu ini, mungkin bisa jadi sedikit angin segar untuk keluarga yang anak-anaknya hobi bersantap hidangan Happy Meal namun merasa khawatir dengan masalah kesehatan. Pasalnya, sebagaimana diwarta Theguardian, Senin (19/2/2018), McDonald's segera mencoret alias menghilangkan menu cheeseburgers dan susu cokelat dari daftar dalam menu Happy Meal, hal ini dilakukan sebagai dalam rangka upaya untuk mengurangi kandungan kalori, garam, lemak jenuh dan gula yang dikonsumsi anak-anak di gerai McDonald's.

Walau telah dihilangkan dari daftar menu Happy Meal, akan tetapi para pengunjung jika ingin tetap menyantap menu itu bisa beli secara terpisah. Intinya adalah tidak dikategorikan sebagai menu anak-anak lagi. 

Pihak McDonald’s sendiri mengatakan, paling tidak dengan mencoret cheeseburgers dan susu cokelat dari daftar bisa mengurangi anak-anak memesan menu tersebut. Seperti yang dilakukan gerai lain yang menghilangkan minuman soda dari daftar Happy Meal dan dilakukan sejak 4  tahun lalu. Hasilnya? Penjualan minuman soda telah menurun sekira 14 persen.

Menu Happy Meal sendiri, selama ini telah menjadi sasaran dari para pendukung kesehatan dan orang tua yang menghubungkannya dengan obesitas pada anak-anak. Sebelum mencoret cheeseburgers dan minuman susu cokelat dari daftar menu Happy Meal, McDonald's telah cukup melakukan perubahan selama bertahun-tahun, termasuk di dalamnya yakni dengan memotong ukuran kentang goreng dan memasukkan buah-buahan dalam menu. Baru-baru ini juga, ditambah dengan mengganti minuman jus apel dengan jus apel yang mengandung sedikit gula.

Sementara itu, pihak McDonald's menyebutkan bahwa mereka menginginkan pilihan sajian di Happy Meal hanya memiliki kandungan kalori sebanyak 600 kalori atau bahkan lebih sedikit, dan juga kurang dari 650 milligram garam, kurang dari 10 persen dari lemak jenuh dan gula tambahan.

Namun, hidangan cheeseburger dan minuman susu cokelat tidak bisa memenuhi standar baru tersebut, hingga akhirnya diputuskanlah untuk mencoret kedua sajian ini dari daftar pilihan sajian di menu Happy Meal.

Sebagai tambahan, mereka juga menginformasikan mereka sedang berupaya untuk mengurangi gula dari susu coklat, dan adanya keyakinan bahwa sajian minuman susu cokelat bisa kembali masuk ke dalam pilihan menu Happy Meal namun masih tidak tahu kapan hal itu akan terjadi.

BACA JUGA:

Mukjizat! Bocah 3 Tahun Bertahan Hidup Meski Lahir dengan Jantung di Luar Tubuh

Penerapan keputusan ini diketahui akan mulai terjadi di gerai McDonald’s Amerika pada bulan Juni 2018 mendatang. Sedangkan untuk gerai McDonald’s internasional, McDonald's mengatakan bahwa setidaknya ada setengah dari pilihan sajian di menu Happy Meal yang harus memenuhi pedoman nutrisi yang baru.

Maka dari itu, untuk mematuhi hal tersebut ada beberapa menambahkan item menu baru, seperti di Italia, di mana sandwich ayam panggang ditambahkan ke dalam menu Happy Meal.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini