Share

Setelah Little India, di Medan akan Dibangun Little China

Wahyudi Aulia Siregar, Jurnalis · Senin 19 Februari 2018 15:02 WIB
https: img.okezone.com content 2018 02 19 406 1861461 8203-8203-setelah-little-india-di-medan-akan-dibangun-little-china-ajUDLnJJoV.jpg Little China (Foto: Nytimes)

PEMERINTAH Kota Medan telah secara resmi memulai pembangunan kawasan perkampungan India atau Little India, Kelurahan Madrash, Kecamatan Medan Petisah, Kota Medan. Dimulainya pembangunan kawasan Little India itu ditandai dengan peletakkan batu pertama (groundbreaking) pembangunan Little India Gate di Jalan KH Zainul Arifin Medan, pada Minggu 18 Januari 2018 kemarin.

Selain Little India, Pemerintah Kota Medan juga tengah berencana membangun Perkampungan China atau Little China untuk mengakomodir kelompok masyarakat etnis Tionghoa yang juga sudah melebur dengan 8 suku asli Sumatera Utara sejak ratusan tahun lalu.

 BACA JUGA:

Pohon Raksasa Ditemukan di Hutan Kalimantan Selatan, Besarnya Luar Biasa

Wali Kota Medan, Tengku Dzulmi Eldin mengatakan, untuk pembangunan Little China itu, pihaknya sedang berkomunikasi dengan sejumlah kelompok masyarakat etnis Tionghoa terkait lokasi yang akan dijadikan sebagai kawasan yang di sejumlah negara kerap disebut sebagai “China Town” itu.

“Secara prinsip kita sudah setuju. Kita juga sudah menerima sejumlah usulan lokasi yang akan dijadikan Little China ini. Sekarang sedang dikomunikasikan mau di mana dibuatnya. Kita kan harus mendengar dari mereka juga,”ujar Eldin, Senin (19/2/2018).

Eldin menyatakan, selayaknya Little India, Little China nantinya juga akan dijadikan sebagai kawasan pariwisata terintegrasi yang menghadirkan pagelaran kebudayaan, kuliner hingga kerajinan etnis China yang ada di Medan.

 BACA JUGA:

Indahnya Curug Cay, Air Terjun Tersembunyi di Bumi Rafflesia

“Kita harap ini bisa menjadi destinasi wisata baru pariwisata di Medan, sekaligus bisa menjadi lahan berusaha bagi warga kita,” tandasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini