Share

Bahannya Sama, Ternyata Ini Perbedaan Teh Tarik, Thai Tea & Milk Tea

Grivy.com, Jurnalis · Selasa 06 Maret 2018 19:29 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 06 298 1868789 bahannya-sama-ternyata-ini-perbedaan-teh-tarik-thai-tea-milk-tea-1UBYDNIRU0.jpg Perbedaan teh tarik, milk tea dan thai tea (Foto:Mamaloli)
A A A

TEH bisa dikatakan minuman ringan yang cocok bagi kebanyakan perut orang, tidak seperti kopi yang mengandung tinggi kafein sehingga tidak semua orang bisa menikmatinya. Namun kini tidak lagi tradisional, sudah banyak teh yang diolah dengan kekinian.

Saat sedang mengunjungi pusat perbelanjaan, Anda mungkin akan mendapati banyak orang menenteng gelas plastik berisi minuman ringan. Salah satu yang populer kini, yakni minuman berbahan dasar teh. Memiliki warna berbeda, tanpa harus bertanya--Anda bahkan sudah bisa menebak jenis minuman mereka: teh tarik, milk tea, atau Thai tea. Biasanya, Thai tea selalu identik dengan warna oranye; sementara teh tarik warna cokelat. Namun, apakah hanya itu saja?

 BACA JUGA:

Tak Cuma Roti, Ini 5 Kombinasi Enak dari Selai Kacang yang Bisa Dicoba

1. Teh Tarik

(Qraved)

Sebenarnya, teh tarik memiliki cita rasa yang khas, manis dan sedikit pahit. Warnanya cenderung cokelat muda; dengan sekumpulan busa di atasnya.

Nah, dari segi bahan, teh tarik merupakan campuran antara teh dan susu. Ketika dicampur, minuman ini akan “ditarik” dengan cara dioper dari satu cangkir ke cangkir lain. Adapun minuman yang mulanya banyak ditemukan di Malaysia, kini juga bisa Anda beli di beberapa toko/kedai Indonesia. Bahkan, yang menjual dalam bentuk kemasan pun ada.

2. Thai Tea

 

(anakjajan)

Rasa manis memang mendominasi minuman asal Negeri Gajah ini. Namun, sebenarnya ada banyak campuran rempah yang digunakan untuk membuat Thai tea. Sebagai bahan dasar, minuman ini menggunakan teh hitam khusus yang hanya tumbuh di Thailand. Barulah, sebagai pelengkap--ditambahkan aneka rempah seperti kapulaga, vanili, daun lawang, susu evaporasi, susu kental manis, krimer, hingga gula.

Kendati identik dengan warna oranye, sebetulnya kini pemerintah Thailand sudah melarang penggunaan pewarna dalam makanan. Sebagai dampaknya, bisa jadi--beberapa waktu ke depan Anda memang tidak akan menemukan Thai tea berwarna oranye; melainkan sama dengan teh tarik biasa.

3. Milk Tea

(Coconut)

Anda mungkin berpikir, kalau teh tarik adalah kombinasi dari teh dan susu, apa bedanya dengan milk tea?

Dari segi bahan, memang sama. Perbedaan ada pada cara pembuatannya. Jika pada teh tarik; campuran tersebut akan dituang dari satu gelas ke gelas lain--pada milk tea, Anda hanya perlu menyeduh teh lalu ditambahkan susu. Oh ya, beberapa kedai juga menyediakan topping tambahan seperti bubble atau jelly.

BACA JUGA:

Minyak Zaitun Bikin Telur Goreng Jadi Lebih Enak, Yuk Coba Terapkan!

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini