Share

Melihat Warung Sedekah yang Sediakan Sayuran dan Bumbu Gratis

Agregasi Solopos, Jurnalis · Senin 18 Mei 2020 16:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 18 614 2215940 melihat-warung-sedekah-yang-sediakan-sayuran-dan-bumbu-gratis-bbbfMsEegr.png Warung Sedekah Gratis di Sragen. (Foto: Mohammad Khodiq Duhri/Solopos)
A A A

SRAGEN – Warung Sedekah Gratis di Kabupaten Sragen, Provinsi Jawa Tengah, ini menarik perhatian publik berkat kebaikannya. Warung di Dukuh Tembokrejo, Desa Sepat, Kecamatan Masaran, Sragen, ini berdiri berkat sedekah sayuran atau bumbu dapur para warga.

Mengutip dari Solopos, Senin (18/5/2020), warga yang membutuhkan kebutuhan pokok tersebut boleh mengambil secara gratis. Aneka bahan makanan, sayuran, bumbu dapur, dan buah-buahan yang terbungkus plastik tergantung di sebuah papan kayu di pinggir Jalan Dukuh Tembokrejo, Desa Sepat, Kecamatan Masaran, Sragen.

Baca juga: Rebutan Jadi Imam Masjid, 8 Orang Terluka 

Bungkusan plastik itu berisi berbagai bahan makanan, mulai tempe, tahu, cabai, sayur bayam, terong, cabai, telur ayam, mi instan, kacang panjang, buah semangka, kerupuk, penyedap rasa, bumbu dapur, dan lain-lain.

Ilustrasi sayuran. (Foto: Dok Okezone)

Oleh warga sekitar, aneka bahan makanan itu sengaja digantung di papan kayu. Warga bisa mendapatkan sayuran dari kebun sendiri atau membeli di pasar.

Baca juga: Situasi Covid-19 Membaik, Thailand Izinkan Sholat Idul Fitri di Masjid 

Sebagian bahan makanan itu sengaja digantung di papan kayu supaya bisa diambil oleh warga yang membutuhkan.

Warga juga bisa menukar bahan makanan yang dibawa dari rumah dengan bahan makanan yang tergantung di papan kayu di Warung Sedekah Gratis tersebut.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Di masa pendemi virus corona (covid-19) ini setiap orang bisa membawa pulang bahan makanan di Warung Sedekat Gratis. Terlebih bagi mereka yang kondisi perekonominya benar-benar terguncang karena akibat covid-19.

"Alhamdulillah ini saya mengambil tempe dan sayuran. Rencana mau dibuat sayur oblok. Bagi saya, adanya Warung Sedekah Gratis ini sangat membantu. Apalagi suami saya sedang merantau di luar kota, sementara di sini saya tidak ada pekerjaan," ujar salah seorang di sana bernama Wulan (35), Minggu 17 Mei 2020, dikutip dari Solopos.

Baca juga: Pimpinan Ponpes Gontor KH Syamsul Hadi Abdan Tutup Usia 

Warung Sedekah Gratis sudah berdiri di tiga dukuh di Desa Sepat yakni Tembokrejo, Wonorejo, dan Plosorejo. Rencananya Warung Sedekah Gratis didirikan di 14 dukuh di Desa Sepat.

Sayuran. (Foto: Healththoroughfare)

Bentuk warung ini tidak seperti pada umumnya. Warung ini lebih mirip dengan pagar kayu. Di pagar itu terdapat sejumlah paku yang bisa dipakai sebagai tempat menautkan aneka bahan makanan dalam bungkus plastik.

Baca juga: Tahapan Sidang Isbat Idul Fitri 1441H di Tengah Pandemi Corona 

"Warga antusias dengan program ini. Ini warung dari warga dan untuk warga. Pada hari pertama, pasokan bahan makanan yang dipasang warga sudah habis dalam hitungan menit. Biasanya warga memasok makanan itu tiap pagi dan siang hari. Harapan kami dengan Warung Sedekah Gratis ini tidak ada warga yang kelaparan di tengah pandemi," jelas Kepala Desa Sepat Mulyono.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini