Share

Masjid Tambakberas Jombang, Markas Pejuang Islam Melawan Penjajah

Yudistira, Jurnalis · Jum'at 03 Juli 2020 21:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 03 615 2240926 masjid-tambakberas-jombang-markas-pejuang-islam-melawan-penjajah-5R8EDQM5pP.jpg Masjid Tambakberas di Jombang, Jawa Timur. (Foto: Youtube Official iNews)
A A A

DI Kabupaten Jombang, Jawa Timur, terdapat masjid bersejarah. Masjid tersebut adalah Masjid Jami Pondok Pesantren Bahrul Ulum Jombang Tambakberas yang dibangun pada 1910. Masjid Tambakberas merupakan salah satu tertua di Jombang.

Baca juga: Masjid Suro Al Mahmudiyah, Saksi Pengusiran Penjajah dari Palembang 

Masjid Tambakberas merupakan pusat penyebaran agama Islam dan menjadi markas para pejuang Indonesia saat melawan penjajah Belanda pada tahun 1942–1948 di bawah asuhan KH Wahab Chasbullah.

KH Hasyim Asy'ari, pendiri Nahdlatul Ulama (NU), menggunakan masjid ini untuk menyusun strategi perang melawan penjajah.

Baca juga: Mengenal Masjid Asasi, Masjid Tertua Kebanggaan Masyarakat Sumatera Barat 

Di menara masjid terukir empat huruf hijaiyah yaitu خ ر ت م yang dibaca Khuru Tamim atau 'kemerdekaan yang sempurna'. Ini sebagai simbol terusirnya para penjajah pada 1948 dan menjadi bukti kemerdekaan bangsa Indonesia yang diakui oleh sejumlah negara di dunia.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Bentuk bangunan Masjid Tambakberas tidak berubah, termasuk bagian interior, sejak awal didirikannya. Pengasuh Pondok Pesantren Bahrul Ulum menceritakan terjadinya momentum penting masjid tersebut pada masa penjajahan Belanda.

Baca juga: Menteri Agama Harap Ilmuwan Muslimah Lakukan Tiga Peran Ini 

Masjid Tambakberas Jombang. (Foto: Youtube Official iNews)

"Yang paling penting dalam momentum ketika menyongsong keberangkatan menuju perang 10 November yang sangat bersejarah. Masjid digunakan sebagai tempat pengajian dan setiap malam digunakan untuk latihan pencak silat, bela diri oleh para pemuda dan pejuang waktu itu," jelas Pengasuh Ponpes Bahrul Ulum, KH Hasib Wahab, dikutip dari akun Youtube Official iNews, Jumat (3/7/2020).

Saat ini Masjid Jami Bahrul Ulum Tambakberas Jombang menjadi saksi perjalanan para santri dalam menuntut ilmu.

Baca juga: 7 Tempat Paling Dicintai Nabi Muhammad 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini