Share

4 Dalil Sahih Keutamaan Baca Surah Al Kahfi pada Hari Jumat Berkah

Hantoro, Jurnalis · Jum'at 17 September 2021 10:17 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 17 330 2472738 4-dalil-sahih-keutamaan-baca-surah-al-kahfi-pada-hari-jumat-berkah-KU7hGUDR2g.jpg Ilustrasi membaca Surah Al Kahfi setiap hari Jumat. (Foto: Mucahityildiz/Pixabay)
A A A

KAUM Muslimin hendaknya membaca Surah Al Kahfi setiap hari Jumat yang penuh keberkahan ini. Bisa dimulai dari malam Jumat sampai batasnya Jumat sore menjelang matahari terbenam. Tersimpan keutamaan besar bagi setiap Muslim yang mengerjakannya.

Al Kahfi memiliki arti "Gua". Surah Al Kahfi terdiri dari 110 ayat dan berada di urutan surah ke-18 dalam kitab suci Alquran. Surah Al Kahfi termasuk Golongan Makkiyyah atau diturunkan di Kota Makkah, Arab Saudi.

Keistimewaan membaca Surah Al Kahfi setiap malam Jumat hingga Jumat sore berdasarkan sejumlah dalil sahih. Berikut ini empat di antaranya, seperti dikutip dari laman Muslim.or.id, Jumat (17/9/2021).

Baca juga: ASI Beri Banyak Manfaat untuk Bayi Baru Lahir, Ini Penjelasan Alquran dan Sains 

1. Disinari cahaya antara pembacanya dan Kakbah

Dalam riwayat dari Abu Said al Khudri Radhiyallahu anhu, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ فِيمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيقِ

Artinya: "Barang siapa yang membaca Surah Al Kahfi pada malam Jumat, dia akan disinari cahaya antara dirinya dan Kakbah." (HR Ad-Darimi 3470 dan dishahihkan Al Albani dalam Shahihul Jami’, 6471)

Baca juga: Benarkah Ada Bagian Tubuh Manusia Tidak Hancur Usai Dimakamkan? Ini Jawaban Alquran dan Sains 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

2. Disinari cahaya di antara dua Jumat

Kemudian dalam hadis riwayat Imam Al Hakim dan Imam Al Baihaqi, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ فِى يَوْمِ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ

Artinya: "Barang siapa yang membaca Surah Al Kahfi pada hari Jumat, dia akan disinari cahaya di antara dua Jumat." (HR Hakim 6169, Baihaqi 635, dan dishahihkan Al Albani dalam Shahihul Jami’ 6470)

Baca juga: 10 Nama Anak Laki-Laki Islami Miliki Arti Dirindukan dan Salih 

3. Dilindungi dari fitnah Dajjal

Kemudian dalam hadis riwayat Imam Muslim dan Imam Abu Daud, dari Abu Darda’ Radhiyallahuanhu, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ حَفِظَ عَشْرَ آيَاتٍ مِنْ أَوَّلِ سُورَةِ الْكَهْفِ عُصِمَ مِنَ الدَّجَّالِ

"Siapa yang menghafal 10 ayat pertama Surah Al Kahfi maka dia akan dilindungi dari fitnah Dajjal." (HR Muslim 1919, Abu Daud 4325, dan yang lainnya)

Dalam riwayat lain disebutkan, "Dari akhir Surah Al Kahfi." (HR Muslim Nomor 809)

4. Selalu mendapat lindungan Allah Ta'ala

Imam Nawawi berkata, "Ada ulama yang mengatakan bahwa sebab mendapatkan keutamaan seperti itu adalah karena di awal Surah Al-Kahfi terdapat hal-hal menakjubkan dan tanda kuasa Allah Subhanahu wa ta'ala. Tentu saja siapa yang merenungkannya dengan benar, maka ia tidak akan terpengaruh dengan fitnah Dajjal. Begitu pula akhir Surah Al Kahfi, mulai dari ayat:

أَفَحَسِبَ الَّذِينَ كَفَرُوا أَنْ يَتَّخِذُوا عِبَادِي مِنْ دُونِي أَوْلِيَاءَ إِنَّا أَعْتَدْنَا جَهَنَّمَ لِلْكَافِرِينَ نُزُلًا

Artinya: "Maka apakah orang-orang kafir menyangka bahwa mereka (dapat) mengambil hamba-hamba-Ku menjadi penolong selain Aku? Sesungguhnya Kami telah menyediakan neraka Jahannam tempat tinggal bagi orang-orang kafir." (QS Al Kahfi: 102) (Syarh Shahih Muslim, 6: 84)

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: 8 Sunah di Hari Jumat, Baca Surah Al Kahfi hingga Bersih-Bersih Diri 

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini