Share

Kisah Nasruddin Hoja Sholat Jumat di Hari Kamis, Kok Bisa?

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 10 Maret 2022 17:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 10 614 2559475 kisah-nasruddin-hoja-sholat-jumat-di-hari-kamis-kok-bisa-L9BnTWSdAn.jpg Ilustrasi kisah Nasruddin Hoja Sholat Jumat di hari Kamis. (Foto: Istimewa)
A A A

KISAH Nasruddin Hoja Sholat Jumat di hari Kamis sangat menarik untuk disimak. Berawal dari Nasruddin Hoja yang merupakan salah satu tokoh sufi. Ia terkenal dengan kecerdasan dan kesalihannya.

Selain itu, Nasruddin Hoja dikenal sebagai orang yang lucu dengan jawaban-jawabannya. Ada juga kisah-kisahnya yang menginspirasi dan sebagai kritik agar umat manusia senantiasa rajin beribadah kepada Allah Subhanahu wa ta'ala.

Baca juga: Hafal 30 Juz Alquran, Wanita Mualaf Ini Jadi Hafizah Pertama di Ukraina 

Suatu hari Nasruddin Hoja memiliki seekor keledai yang jalannya sangat lambat. Bahkan jika berjalan dengan jarak 1 kilometer saja bisa membutuhkan waktu 2 hingga 3 jam lamanya.

Saat itu hari Kamis, Nasruddin Hoja ingat bahwa besok adalah hari Jumat dan pada siang harinya harus melaksanakan Sholat Jumat di masjid. Oleh karena itu, ia berangkat sejak hari Kamis, berharap bisa sampai Jumatan tepat waktu.

Ilustrasi kisah Nasruddin Hoja Sholat Jumat di hari Kamis. (Foto: Istimewa)

Ketika di tengah-tengah perjalanan, Nasruddin bertemu temannya. Ia langsung berhenti sejenak untuk menyapa temannya itu yang ditemui dalam perjalanan menuju masjid untuk melaksanakan Sholat Jumat.

Temannya heran, mengapa Nasruddin berangkat Sholat Jumat di hari Kamis? Ia beranggapan Nasruddin mungkin lupa kalau ini masih hari Kamis.

Baca juga: Perkasa! Istri Abu Nawas Pukuli Maling Sampai Bonyok, Ini Penyebabnya 

"Apa kau lupa kalau sekarang ini hari Kamis?" kata teman Nasruddin, dikutip dari kanal YouTube Nurul Qolbiii.

"Iya betul hari ini Kamis," jawab Nasruddin.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Kemudian temannya itu masih tidak percaya jika Nasruddin berangkat Sholat Jumat dalam waktu yang masih panjang. Temannya tersebut berpikiran Nasruddin bisa berangkat esok harinya.

Lalu akhirnya Nasruddin menjelaskan dirinya sengaja berangkat Sholat Jumat dari hari Kamis karena menggunakan keledai sebagai alat transportasinya. Hewan tersebut jalannya sangatlah lambat.

Baca juga: Kisah Sayyida Al Hurra, Muslimah Ratu Bajak Laut Paling Ditakuti di Eropa 

Baca juga: Mengenal Chechnya: Negara Muslim Pendukung Rusia, Miliki Presiden Hafiz Quran 

"Ini keledai yang lambat sekali. Saya sangat bersyukur sekali kalau bisa tiba besok untuk Sholat Jumat," terang Nasruddin.

Dari kisah tokoh sufi ini bisa diambil pelajaran bahwa Nasruddin Hoja tetap ingin datang sholat tepat waktu walaupun harus berangkat satu hari sebelumnya dengan menggunakan keledai miliknya yang jalannya sangat lambat.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini