Share

Tafsir Surat Al Baqarah Ayat 186: Ini Bukti Allah Ta'ala Sangat Dekat dengan Hamba-Nya

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Selasa 29 Maret 2022 14:55 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 29 330 2569732 tafsir-surat-al-baqarah-ayat-186-ini-bukti-allah-ta-ala-sangat-dekat-dengan-hamba-nya-ZZeul0fRum.jpg Ilustrasi membaca Surat Al Baqarah Ayat 186. (Foto: Freepik)
A A A

SURAT Al Baqarah Ayat 186 memiliki isi kandung yang sangat bermakna bagi kaum Muslimin. Surat yang termasuk golongan Madaniyyah ini memang memiliki banyak ayat yang sarat akan makna.

Begitu pula dengan yang tertulis dalam ayat 186 Surat Al Baqarah. Ada pelajaran yang dapat diambil yaitu tentang dekatnya Allah Subhanahu wa ta'ala dengan hamba-hambah-Nya yang ada di alam semesta.

Baca juga: 5 Masjid Unik di Jakarta yang Menarik Didatangi Selama Ramadan, Menambah Semangat Beribadah 

Baca juga: Humor Abu Nawas: Atasi Pembohong Pakai Cara Tanya Arah Jalan, Aneh Banget! 

Selain itu, ayat 186 juga berisi larangan serta kewajiban yang harus dipatuhi oleh semua umat Islam. Untuk lebih jelasnya, berikut isi dan arti dari Surat Al Baqarah Ayat 186 beserta tafsirnya.

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِى عَنِّى فَإِنِّى قَرِيبٌ ۖ أُجِيبُ دَعْوَةَ ٱلدَّاعِ إِذَا دَعَانِ ۖ فَلْيَسْتَجِيبُوا۟ لِى وَلْيُؤْمِنُوا۟ بِى لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ

Artinya: "Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah) bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku agar mereka selalu berada dalam kebenaran." (QS Al Baqarah: 186)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Adapun tafsir mengenai ayat 186 yang dikemukakan dalam kitab Tafsir Al Mukhtashar di bawah pengawasan imam Masjidil Haram Syekh Dr Shalih bin Abdullah Bin Humaid adalah sebagai berikut.

Apabila engkau –wahai Nabi– ditanya oleh hamba-hamba-Ku tentang kedekatan-Ku dan kesediaan-Ku mengabulkan doa mereka, maka sesungguhnya Aku ini dekat dengan mereka, mengetahui keadaan mereka, dan mendengar doa mereka. Jadi, mereka tidak membutuhkan perantara dan tidak perlu bersuara keras.

Baca juga: Menikmati Kemegahan Masjid Istiqlal: Berkonsep Modern Tropis Cerminan Keragaman Indonesia 

Baca juga: Sahur saat Azan Subuh, Apakah Sah Puasanya? Ini Kata Ustadz Abdul Somad 

Aku mengabulkan doa orang yang berdoa apabila dia berdoa kepada-Ku dengan tulus ikhlas di dalam doanya. Maka hendaklah mereka tunduk dan patuh kepada perintah-perintah-Ku serta mempertahankan iman mereka. Karena hal itu merupakan sarana yang paling ampuh bagi terkabulnya doa mereka. Mudah-mudahan dengan begitu mereka mau mengikuti jalan yang benar dalam semua urusan mereka, baik urusan agama maupun dunia.

Demikian penjelasan mengenai isi dan tafsir Surat Al Baqarah Ayat 186. Semoga jelas dan bermanfaat. Aamiin Allahumma aamiin. Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini