Share

Bacaan Doa Arwah untuk Ibu, Ayah, Sanak Saudara

Intan Afika Nuur Aziizah, Jurnalis · Senin 05 September 2022 12:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 05 618 2660927 bacaan-doa-arwah-untuk-ibu-ayah-sanak-saudara-QvmmxDFQLj.jpg Ilustrasi bacaan doa arwah. (Foto: Dok Okezone)
A A A

BACAAN doa arwah lengkap teks Arab, latin, dan terjemahan Indonesia akan dibahas dalam artikel kali ini. Adapun doa ini bisa dilantunkan untuk sanak keluarga, kerabat, atau orang terdekat yang telah meninggal dunia.

Tujuannya agar arwah orang-orang yang telah berpulang tersebut dapat beristirahat dengan tenang dan diampuni dosa-dosanya oleh Allah Subhanahu wa ta'ala. Doa ini terdiri dari permohonan ampunan dan rahmat-Nya untuk arwah ahli kubur.

Baca juga: 5 Potret Terbaru Uki Kautsar Eks Noah Setelah Hijrah: Hidup Tenang, Jenggot Panjang Istikamah Jalankan Sunnah 

Dalam hadis riwayat Imam Muslim dinyatakan, "Sesungguhnya saat manusia meninggal dunia terputuslah amalnya kecuali tiga hal, yakni amal jariyah, ilmu bermanfaat, dan doa anak salih."

Oleha karena itu, membacakan doa arwah kepada orang-orang yang telah meninggal dunia akan membantunya meningkatkan amal.

Lantas, bagaimana bacaannya? Simak ulasannya berikut ini, seperti telah Okezone himpun.

1. Bacaan doa arwah jamak

Allahummaghfir lahum warhamhum wa’aafihim wa ‘fu anhum waj’alil jannata matswaahum.

Artinya: "Ya Allah, ampunilah mereka, kasihanilah mereka, maafkanlah kesalahan-kesalahan mereka serta jadikanlah surga tempat mereka tinggal."

2. Bacaan doa arwah untuk ibu

Allahummaj'al wa aushil du'aaii ilaaruuhi umami. Allahummaghfir lahaa warhamhaa wa’aafihaa wa’fu anhaa wa akrim nuzulahaa wawassi’madkhalahaa wataqabbal hasanaati haawakaffir sayii-aatihaa birahmatika yaa arhamar raahimiina.

Artinya: "Ya Allah, jadikanlah dan sampaikanlah doaku kepada ruh ibuku. Ya Allah ampunilah dosanya, kasihanilah dan sejahterakanlah dia, maafkanlah kesalahannya, muliakanlah kedatangannya, lapangkanlah kuburnya, terimalah kebaikannya, hapuskanlah kesalahannya dengan rahmat-Mu, Ya Allah, Tuhan yang Maha Pengasih."

Baca juga: Ajaib! Abu Nawas Bisa Cangkul Ladang di Rumahnya meski Sedang Dipenjara 

3. Bacaan doa arwah untuk ayah

Allahummaj’al wa aushil du'aaii ilaaruuhi abii. Allahummaghfir lahu warhamhu wa’aafihii wa’fu anhu wa akrim nuzulahu wawassi’madkhalahu wataqabbal hasanaatihi wakaffir sayii-aatihaa birahmatika yaa arhamar raahimiina.

Artinya: "Ya Allah, jadikanlah dan sampaikanlah doaku kepada ruh Ayahku. Ya Allah ampunilah dosanya, kasihanilah dan sejahterakanlah dia maafkanlah kesalahannya, muliakanlah kedatangannya, lapangkanlah kuburnya, terimalah kebaikannya, hapuskanlah kesalahannya dengan rahmat-Mu, Ya Allah, Tuhan yang Maha Pengasih."

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Doa tersebut merupakan doa versi pendek dan singkat. Namun, doa di atas sebenarnya memiliki versi yang lebih panjang dan lengkap. Berikut bacaanya:

1. Doa arwah lengkap untuk perempuan

Allaahummaghfir laha warham ha wa’aafi ha wa’fu anha wa akrim nuzula ha wa wassi’ madkhola ha waghsil ha bil maa-i wats-tsalji wal barodi wa naqqi ha minal khothooyaa kamaa yunaqqots tsaubul abyadlu minad danasi wa abdil ha daaron khoiron min daari ha wa ahlan khoiron min ahli ha wazaujan khoiron min zaoji ha wa adkhil hal jannata wa ‘aidz ha min ‘adzaabil qobri wafitnati hi wa min ‘adzaabin naar.

Artinya: "Yaa Allah, ampunilah, rahmatilah, bebaskanlah dan lepaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, cucilah dia dengan air yang jernih lagi sejuk, dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan bagaikan baju putih yang bersih dari kotoran, dan gantilan rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkan, serta suami yang lebih baik dari yang ditinggalkannya pula. Masukkanlah dia ke dalam surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnahnya, dan dari siksa api neraka."

2. Doa arwah lengkap untuk laki-laki

Allaahummaghfir lahu warham hu wa’aafi hii wa’fu anhu wa akrim nuzula hu wa wassi’ madkhola hu waghsil hu bilmaai wats-tsalji walbarodi wanaqqi hi minal khothooyaa kamaa yunaqqots tsaubul abyadlu minaddanasi wa abdil hu daaron khoiron min daari hi wa ahlan khoiron min ahli hi wazaujan khoiron min zaoji hi wa adkhil hul jannata wa ‘aidz hu min ‘adzaabil qobri wa fitnati hi wa min ‘adzaabin naar.

Artinya: "Yaa Allah, ampunilah, rahmatilah, bebaskanlah dan lepaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, cucilah dia dengan air yang jernih lagi sejuk, dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan bagaikan baju putih yang bersih dari kotoran, dan gantilan rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkan, serta istri yang lebih baik dari yang ditinggalkannya pula. Masukkanlah dia ke dalam surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnahnya, dan dari siksa api neraka."

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini