Share

Aa Gym: Kelembutan Dapat Mengubah Segalanya

Pristia Astari, Jurnalis · Minggu 28 Juni 2020 12:49 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 28 330 2237669 aa-gym-kelembutan-dapat-mengubah-segalanya-EgdY861ggl.jpg KH Abdullah Gymnastiar (Aa Gym). (Foto: Istimewa/Instagram)
A A A

KELEMBUTAN adalah sesuatu yang dapat mendekatkan manusia kepada ajaran agama Islam. Sebaliknya, kekerasan dan sikap anarkis justru merugikan orang di sekitar.

Sebagai umat Islam sudah seharusnya mewajibkan di dalam diri untuk tetap bersikap lembut dalam menghadapi masalah. Selalu ingat firman Allah Subhanahu wa ta'ala dan ajaran Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam.

Baca juga: Menikah hingga Bersedekah Jadi Sumber Rezeki Muslimin 

Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda dalam sebuah hadis:

فَإِنَّ الرِّفْقَ لَمْ يَكُنْ فِى شَىْءٍ قَطُّ إِلاَّ زَانَهُ وَلاَ نُزِعَ مِنْ شَىْءٍ قَطُّ إِلاَّ شَانَهُ

Artinya: "Sesungguhnya lemah lembut tidaklah ada pada sesuatu kecuali akan menghiasinya, dan tidaklah dicabut dari sesuatu kecuali akan memperkeruhnya." (HR Abu Dawud, sanadnya shahih)

Ilustrasi. (Foto: Freepik)

Dalam tausiahnya, KH Abdullah Gymnastiar atau akrab disapa Aa Gym menjelaskan bahwa kelembutan merupakan sesuatu yang begitu banyak makna dan hikmahnya. Jika diibaratkan bangunan akan menjadi kokoh dengan adanya air karena menjadi perekat di semua bahan bangunan. Air termasuk komponen yang paling lembut dan ternyata bisa menjadi perekat.

Baca juga: 6 Faedah Menunjukkan Kebaikan kepada Orang Lain 

"Kita pun sebagai manusia ternyata terdapat air sebesar 70 persen di dalam tubuh. Kita dapat melihat air yang menyejukan, kemudian pohon, taman, aneka buah, berkah dari air. Air pula yang dapat memadamkan api yang membara, bahkan air dengan kekuatannya bisa menghanyutkan sebuah kota. Memang ada kekuatan di dalam kelembutan," jelas Aa Gym dalam acara Cahaya Tauhid, dikutip dari akun Youtube MNCTV Official, Minggu (28/6/2020).

Maka itu, ungkap Aa Gym, setiap Muslimin haru menyadari bahwa kesejukan dalam hidup datangnya dari kelembutan. Keberkahan memeroleh akhlak baik juga datang dari kelembutan hati.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Ia menerangkan, seseorang bisa memadamkan mereka yang sedang marah dengan kelembutan hati. Bahkan bisa "menyentuh" perasaan orang lain juga melalui kelembutan hati.

Baca juga: Bersalawat: Menggugurkan Dosa, Meninggikan Derajat 

Dalam kelembutan itulah, tutur Aa Gym, tersimpan keindahan serta kekuatan. Indonesia menjadi negara yang sangat besar jumlah umat Islam-nya tidak pernah diriwayatkan dakwah dengan kekerasan atau kekuatan bala tentara, justru datangnya dari kelembutan hati.

"Para ulama, kemuliaan akhlak dari para pedagang, keteladanan orang-orang yang mendahului beragama Islam memang berasal dari kelembutan hati, itulah yang sangat kita rindukan. Kelembutan hatilah yang menyejukan dan dapat menggunggah hingga mengubah kita semua," papar Aa Gym.

Baca juga: Sumber Rezeki Muslimin: Keluarga hingga Berkat Istigfar 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini