Share

Rasulullah Sangat Suka Makan Buah Semangka, Ternyata Ini Alasannya

Ahmad Haidir, Jurnalis · Senin 08 November 2021 08:46 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 08 614 2498253 rasulullah-sangat-suka-makan-buah-semangka-ternyata-ini-alasannya-nDUL3LaxSc.jpg Semangka menjadi salah satu buah favorit Rasulullah. (Foto Shutterstock)
A A A

SEBAGAI kekasih Allah Subhanahu wa ta'ala yang diutus untuk menjadi suri teladan umat manusia, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam tentu melakukan perbuatan yang sangat baik, termasuk soal makan. Nabi ternyata sangat menyukai buah semangka.

Ya, semangka merupakan asupan yang bergizi dan memberi banyak manfaat untuk tubuh. Buah yang memiliki banyak kandungan air ini ternyata menjadi kegemaran Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam. Demikian dikutip dari kanal YouTube YTCrash Islam, Senin (8/11/2021).

Baca juga: Ikan Paus Bisa Hidup di Daerah Suhu Ekstrem, Ini Penyebabnya Menurut Alquran dan Sains 

Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam sangat menggemari buah semangka, selain tentunya kurma. Hal ini sebagaimana dijelaskan sang istri tercinta Aisyah Radhiyallahu anha dalam sebuah hadis:

"Sesungguhnya Nabi Shallallahu alaihi wassallam sering makan semangka disertai ruthab (kurma muda)." (HR At-Tirmidzy Nomor 1843, dishahihkan oleh Al-Albany dalam Shahih At-Tirmidzy Nomor 1843)

Buah semangka. (Foto: Benefits)

Lantas, mengapa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam sangat menyukai semangka? Tentu saja tidak hanya karena kesegarannya semata, melainkan juga kandungan gizi yang terdapat dalam buah tersebut. Hal ini juga sebagaimana sebuah riwayat sebuah hadis lainnya.

Baca juga: Jadi Mualaf, Crazy Rich Ekspedisi Ini Bangun 99 Masjid 

Dalam kitab At-Tadzkirah, Imam Al Qurtubi menuliskan dari Ali Radhiyallahu anhu bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

"Ya Ali, Rajinlah memakan buah semangka, karena airnya dari air surga, dan rasa manisnya adalah rasa manis surga. Setiap hamba yang memakan satu suap saja buah ini, Allah memasukkan ke dalam perutnya 70 macam obat dan mengeluarkan dari perutnya 70 macam penyakit. Untuk satu suap, Allah mencatat untuknya 10 kebajikan dan menghapus darinya 10 keburukan, dan mengangkatnya 10 derajat."

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Berdasarkan riwayat tersebut dapat diartikan bahwa kandungan buah semangka ternyata tidak hanya terkait nilai gizi dan kesegarannya, akan tetapi juga ada manfaat pahalanya. Pantas saja Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam sangat menyukainya.

Adapun semangka adalah buah yang memiliki beragam jenis. Maka menurut Ibnu Qayyim yang dimaksud semangka dalam hadis adalah semangka daging hijau.

Baca juga: Bepergian Jauh, Lakukan 5 Adab Ini Menurut Ajaran Islam 

Semangka hijau lebih cepat dicerna oleh lambung dibandingkan mentimun dan lebih cepat bercampur dengan makanan yang ada di dalam perut.

Ibnu qayyim menambahkan, semangka sebaiknya dikonsumsi sebelum makan. Sebagian besar dokter pun menyarankan demikian, yakni mengonsumsi semangka sebelum makan dapat mencuci perut serta menghindarkannya dari berbagai penyakit.

Wallahu a’lam bishawab.

Baca juga: Cobaan Berat Artis Risdo Matondang Jadi Mualaf: Saya Dianggap Sudah Mati 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini