Share

Mengenal Ahlussunnah Wal Jamaah, Satu-satunya Golongan yang Selamat dari Api Neraka

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 23 Februari 2022 13:18 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 23 330 2551784 mengenal-ahlussunnah-wal-jamaah-satu-satunya-golongan-yang-selamat-dari-api-neraka-cS9T8xH2fa.jpg Ilustrasi mengenal ahlusunnah wal jamaah. (Foto: Shutterstock)
A A A

MENGENAL ahlussunnah wal jamaah sangat baik dilakukan oleh setiap Muslim. Istilah ahlussunnah wal jamaah tentu tidak asing bagi umat Islam. Pasalnya untuk meraih kesuksesan dalam beragama hanya dapat dicapai dengan mengikuti manhaj ahlussunnah wal jamaah. Nah, apa itu ahlussunnah wal jamaah?

Dikutip dari laman yufid.tv, Ustadz Dr Aris Munandar SS MPI menjelaskan bahwa pembahasan seputar aqidah Islamiah adalah hal yang sangat penting. Sebab, aqidah merupakan hal pokok dalam ajaran agama Islam. Ahlussunnah wal jamaah sendiri sangat perhatian terhadap akidah.

Baca juga: Simak! Ini Hukum Menimbun Barang dalam Fiqih Jual Beli 

Baca juga: Doa saat Harapan Terwujud: Arab, Latin, Arti, hingga Keutamaannya 

Keutamaan dan Pengertian Ahlussunnah Wal Jamaah

Apa arti ahlussunnah wal jamaah? Mari simak hadis 73 golongan Islam berikut ini. Dari ‘Abdullah bin ‘Amr, ia berkata bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassallam bersabda:

وَإِنَّ بَنِى إِسْرَائِيلَ تَفَرَّقَتْ عَلَى ثِنْتَيْنِ وَسَبْعِينَ مِلَّةً وَتَفْتَرِقُ أُمَّتِى عَلَى ثَلاَثٍ وَسَبْعِينَ مِلَّةً كُلُّهُمْ فِى النَّارِ إِلاَّ مِلَّةً وَاحِدَةً قَالُوا وَمَنْ هِىَ يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ مَا أَنَا عَلَيْهِ وَأَصْحَابِى

Artinya: "Sesungguhnya Bani Israil terpecah menjadi 72 golongan. Sedangkan umatku terpecah menjadi 73 golongan, semuanya di neraka kecuali satu." Para sahabat bertanya, "Siapa golongan yang selamat itu wahai Rasulullah?" Beliau bersabda, "Yaitu yang mengikuti pemahamanku dan pemahaman sahabatku." (HR Tirmidzi Nomor 2641. Syekh Al Albani mengatakan hadis ini hasan)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Ahlussunnah wal jamaah adalah satu-satunya golongan yang selamat. Hal itu menunjukkan bahwa ahlussunnah wal jamaah adalah manhaj terbaik.

Semoga Allah Subhanahu wa ta'ala menganugerahkan kepada kaum Muslimin ilmu yang bermanfaat, keistikamahan dalam beramal salih. Aamiin Allahumma aamiin. Wallahu a'lam bissawab.

Baca juga: Tidur dalam Keadaan Telanjang, Ini Hukumnya Menurut Syariat Islam 

Baca juga: Hukum Memakai Sajadah Penuh Motif, Bolehkah? 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini