Share

Doa Memperbaiki Diri Sendiri Lengkap Teks Arab, Latin, Terjemahan Indonesia, Keutamaannya

Tim Okezone, Jurnalis · Selasa 28 Juni 2022 16:38 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 28 618 2619788 doa-memperbaiki-diri-sendiri-lengkap-teks-arab-latin-terjemahan-indonesia-keutamaannya-GgKHOQ8iMv.jpg Ilustrasi mengamalkan doa memperbaiki diri sendiri. (Foto: Shutterstock)
A A A

DOA memperbaiki diri sendiri sangat penting diamalkan oleh setiap Muslim. Berdoa memohon kepada Allah Subhanahu wa ta'ala agar menjadi pribadi yang lebih bertakwa serta menjalankan sunah-sunah Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam.

Dikutip dari nu.or.id, setiap Muslim hendaknya memohon bimbingan kepada Allah Subhanahu wa ta'ala untuk dapat memiliki akhlak terpuji sebagaimana disebutkan berikut ini:

Baca juga: Masya Allah! Ini yang Terlihat ketika Kamera Dimasukkan ke Sumur Zamzam 

Baca juga: Inspiratif! Ibu Ini Mendidik 11 Anaknya Jadi Penghafal Alquran, Bagikan 5 Tips Jitunya 

اَللَّهُمَّ اهْدِنِي لِأَحْسَنِ الأَخْلَاقِ، لَا يَهْدِي لِأَحْسَنِهَا إِلَّا أَنْتَ وَاصْرِفْ عَنِّي سَيِّئَهَا لَا يَصْرِفُ عَنِّي سَيِّئَهَا إِلَّا أَنْتَ

Allāhummahdinī li ahsanil akhlāq. Lā yahdī li ahsanihā illā anta. Washrif ‘annī sayyi’ahā. Lā yashrifu ‘anni sayyi’ahā illā anta.

Artinya: "Ya Allah, bimbimbinglah diriku pada akhlak paling terpuji karena tidak ada yang dapat membimbing kepadanya kecuali Engkau. Palingkanlah aku dari akhlak yang buruk karena sungguh tidak ada yang dapat memalingkannya dariku kecuali Engkau."

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam membaca doa perbaikan akhlak ini dalam pembukaan ibadah sholatnya sebagaimana keterangan dalam riwayat Imam Muslim berikut:

وكان من دعائه صلى الله عليه و سلم في افتتاح الصلاة اَللَّهُمَّ اهْدِنِي لِأَحْسَنِ الأَخْلَاقِ، لَا يَهْدِي لِأَحْسَنِهَا إِلَّا أَنْتَ وَاصْرِفْ عَنِّي سَيِّئَهَا لَا يَصْرِفُ عَنِّي سَيِّئَهَا إِلَّا أَنْتَ

Artinya: "Salah satu doa Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam di awal pembukaan sholat adalah berbunyi, 'Allāhummahdinī li ahsanil akhlāq. Lā yahdī li ahsanihā illā anta. Washrif ‘annī sayyi’ahā. Lā yashrifu ‘anni sayyi’ahā illā anta,' (HR Muslim)." (Imam Al-Ghazali, Ihya Ulumiddin, [Beirut, Darul Fikr: 2018 M/1439-1440 H], juz III, halaman 55)

Baca juga: 4 Kriteria Pisau yang Layak Dipakai untuk Menyembelih Hewan Kurban, Ada Ukuran Minimalnya 

Baca juga: Abu Nawas Diusir dari Kampung, tapi Gampang Pulang Lagi Ditolong Keledainya, Gimana Caranya? 

Doa ini berisi permohonan bimbingan Allah Subhanahu wa ta'ala agar menjadi pribadi yang berakhlak mulia. Doa ini merupakan alternatif untuk memperbaiki diri sendiri sebagai salah satu bentuk ikhtiar selain cara-cara lainnya guna keluar dari akhlak tercela ke akhlak terpuji.

Wallahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini